Untuk menambah koleksi buku-buku bacaan maupun referensi di TPA Al-Abthal Berkoh, kami menerima sumbangan buku anak-anak yang islami, buku tentang keagamaan islam, buku-buku umum, dan yang terutama buku pembelajaran anak-anak. Bagi anda yang berkenan dapat mengirimkan sumbangan buku (baru/bekas) langsung kealamat: TPA Al-Abthal Berkoh, Perumahan KCVRI Rt 06 Rw VI, Kelurahan Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Kode Pos: 53146.
SELAMAT DATANG DI BLOG TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN AL-ABTHAL BERKOH

Sabtu, 24 Mei 2014

Tentang TPA Al-Abthal Berkoh

          
Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Abthol Berkoh merupakan suatu wadah dalam masyarakat yang menampung anak-anak setempat menjadi santriwan dan santriwati TPA Al-Abthol Berkoh. TPA Al-Abthol Berkoh dibentuk berdasarkan keinginan masyarakat agar anak-anak tidak hanya selalu bermain tetapi belajar al-Qur’an bersama-sama dengan bimbingan guru. TPA ini tidak secara jelas kapan dibentuknya, namun secara geografis TPA Al-Abthol Berkoh berlokasi di Perumahan KCVRI Rt 06/06 Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Pusat kegiatan pembelajaran TPA Al-Abthol Berkoh berada di Mushola Al-Abthol, dan nama TPA Al-Abthol Berkoh ini diambil dari nama Mushola Al-Abthol yang berlokasi di Berkoh. 

TPA merupakan suatu lembaga pendidikan luar sekolah (informal) yang tumbuh dalam masyarakat yang berusaha mengajarkan kepada santriwan dan santriwati untuk mempelajari membaca, menghafal, dan mengamalkan Al-Qur’an yang dimulai dari pembelajaran terendah yaitu Qiro’ati/ Iqro’ 1 sampai Qiro’ati 10, kemudian Juz-‘Amma, dan tingkatan yang terakhir adalah Al-Qur’an, dan latihan menulis Al-Qur’an. Di samping itu dalam TPA Al-Abthol sama seperti halnya TPA yang lainnya selain belajar Al-Qur’an mereka para santri juga belajar tentang ilmu-ilmu Al-Qur’an seperti ilmu tajwid, sifat-sifat huruf, serta makhorijul huruf, yang semuanya diajarkan secara bertahap dan berkala. 

Selain pembelajaran Al-Qur’an TPA Al-Abthol Berkoh juga membekali para santri dengan materi tambahan seperti fiqih, aqidah (tauhid), sejarah, dan akhlak, dengan harapan kelak setelah lulus mengaji dari TPA Al-Abthol santriwan dan santriwati mampu mempraktikkannya di dalam keluarga dan masyarakat, kemudian mampu untuk mengajarkannya kembali kepada santri-santri yang perlu dibimbing, sebagai pengganti guru-guru TPA yang lama. 

Dalam TPA Al-Abthol Berkoh dibuat dua kelas yaitu kelas A untuk kelompok santri yang masih belajar qiro’ati 1-5, dan kelas B untuk qiro’ati 5-10, Juz-‘Amma, dan Al-Qur’an merupakan kelas tingkat lanjutan dari kelas A. Setap kelas diampu oleh satu guru pembimbing.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar